Pacaran Menurut Islam, Bolehkah?

pacaran menurut islamIslam adalah agama yang sempurna, mengatur segala sesuatu bagi manusia baik kehidupan dunia maupun di akhirat. Termasuk mengatur hubungan cinta antara manusia dengan manusia lainnya. Pada dasarnya cinta adalah satu hal yang suci, yang mana cinta mampu menjadikan dunia ini menjadi damai. Namun hanya jika cinta disalurkan dengan cara yang benar.

Fenomena yang terjadi saat ini di kalangan anak muda yaitu cinta dengan lawan jenis yang biasa disebut dengan pacaran. Biasanya cinta semacam ini lebih banyak dikuasai oleh hawa nafsu, bukan lagi cinta yang suci. Oleh karena itu, pacaran menurut islam adalah hal yang dilarang, sebagaimana dalam firman Allah QS. AL-Isra’ ayat 32, yang artinya:

“Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk”.

Selain dalam firman Allah di atas, ada pula hadits yang menjelaskan mengenai pacaran menurut islam itu dilarang.

“Dari Ibnu Abbas r.a. ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW berkhutbah, ia berkata: Jangan sekali-kali seorang laki-laki berkhalwat dengan seorang perempuan kecuali beserta ada mahramnya, dan janganlah seorang perempuan melakukan musafir kecuali beserta ada mahramnya”. (HR. Bukhori dan Muslim)

Pacaran dalam islam dipandang sebagai jalan menuju zina. Semua berawal dari rasa suka antara laki-laki dan perempuan, kemudian timbul rasa ingin memiliki. Bersentuhan dengan lawan jenis menjadi hal yang biasa dalam berpacaran. Padahal jelas, dalam islam diperintahkan untuk menundukkan pandangan. Hal ini tercantum dalam QS. An Nuur ayat 30, yang artinya:

“Katakanlah kepada laki-laki yang beriman: ‘Hendaklah mereka menundukkan pandangannya dan kemaluannya’; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.”

Selanjutnya dalam QS An Nuur ayat 31 ditujukan kepada para wanita untuk menundukkan pandangannya.

Katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman: ‘Hendaklah mereka menundukkan pandangannya dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya…”

Pacaran menurut islam yang diperbolehkan

Pacaran dalam islam memang dilarang karena sama halnya mendekati perbuatan zina. Namun, saat agama memberikan sebuah larangan, pasti disertai dengan solusinya. Dalam islam dikenal dengan pacaran islami. Pacaran islami disini bukan seperti yang dilakukan kebanyakan anak muda saat ini. Misalnya dua remaja yang saling berpacaran, mengingatkan pacarnya untuk sholat, ngaji, dan sebagainya. Bukan yang seperti ini.

Pacaran islami adalah hubungan antara laki-laki dan perempuan yang dilakukan setelah menikah. Laki-laki dan perempuan bebas berhubungan sesuai dengan apa yang mereka suka setelah ‘sah’. Bahkan bermesraan dengan pasangan yang sah termasuk dalam kategori sedekah dan justru mendapatkan pahala.

“Dari Saad bin Abi Waqash r.a. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: ‘Dan sesungguhnya jika engkau memberikan nafkah, maka hal itu adalah sedekah, hingga suapan nasi yang engkau suapkan ke dalam mulut istrimu.” (HR. Muttafaqun ‘Alaih)

Dalam hadits lain juga menjelaskan,

“…Para sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apakah salah seorang di antara kami melampiaskan syahwatnya dan dia mendapatkan pahala?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Bagaimana pendapat kalian jika ia melampiaskan syahwatnya pada yang haram, apakah ia berdosa? Demikian juga jika melampiaskannya pada yang halal, maka ia mendapatkan pahala.”(HR. Muslim)

Berdasarkan dalil-dalil di atas dapat diketahui jika pacaran dalam islam sebelum menikah ialah dilarang. Sebaliknya, pacaran yang dilakukan setelah menikah dan dalam hubungan yang sah justru akan mendapatkan pahala dan sama dengan sedekah. Saudara sekalian, tentu kita akan lebih memilih jalan yang dirahmati oleh Allah dan berharap mendapat pahala dariNya.

Jika memang saat ini Anda merasa sudah mampu (materi maupun non materi), sebaiknya segeralah untuk menikah. Hubungan yang sah akan membawa keberkahan di dunia maupun akhirat kelak. Sementara hubungan yang tidak sah hanya akan membawa kemudharatan.

 

Anda akan langsung terhubung dengan kami via Whatsapp - Klik Nama dibawah ini.

Chat & Call via Whatsapp Klik Disini