Doa Agar Selamat dan Selalu Dilindungi Dalam Perjalanan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, salam sejahtera dan semoga hanya kebaikan yang selalu menyertai kita semua, Aamiin. Pada kesempatan kali ini saya, Abah Romdhoni akan membahas tentang apa saja doa selamat dalam perjalanan.

Sebagai umat muslim pasti tahu bahwa ada hal yang tidak boleh dilupakan dan dilewatkan saat  melakukan aktivitas apapun termasuk aktivitas melakukan perjalanan baik itu perjalanan jauh maupun perjalanan dekat, yaitu dengan senantiasa  membaca doa dan berdzikir mengingat Allah.

Walaupun perjalanan itu hanya dengan berjalan kaki namun tetap dianjurkan untuk selalu membaca doa pergi, apalagi bila perjalanan dengan menggunakan kendaraan seperti mobil, motor, pesawat dan sebagainya. Hal ini karena Anda tak pernah tahu apa yang akan terjadi atau bahaya apa yang akan menimpa.

Manfaat doa dalam islam adalah sebagai senjata  ampuh  bagi umat islam. Dengan berdoa itu sama artinya Anda meminta izin dan ridho Allah SWT atas apa yang akan Anda lakukan. Maka niscaya Anda akan selalu diberi kemudahan, kelancaran dan pelindungan dalam  menjalaninya.

Dan adapun  salah satu keutamaan doa dalam islam yaitu dapat mengubah takdir. Bukan hanya saat dalam perjalanannya saja Anda membaca doa tapi pada saat sebelum Anda melangkahkan kaki keluar rumah untuk melakukan perjalanan itu hendaknya  membaca doa terlebih dahulu, dan doa – doa tersebut adalah :

Doa sebelum melakukan perjalanan

Sebelum Anda melakukan perjalanan, alangkah baiknya jika membaca doa sebelum perjalanan karena Anda tak pernah tahu apa yang akan terjadi beberapa saat kedepan, dan dengan membaca doa ini dapat melindungi Anda dari bahaya apapun, adapun doanya seperti berikut ini :

“Bismillaahi tawakkaltu ‘alallah laa haula wa laa quwwata illaa billah”

Yang artinya : “Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tak ada daya dan upaya kecuali dari Allah”.

Dan dilanjutkan membaca doa selamat dalam perjalanan yang tujuannya agar Anda selalu dilindungi selama sepanjang dalam perjalanan dan terhindar dari segala bahaya apapun, adapun doanya adalah seperti ini :

“Allaahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allaahumma antashaakhibu fiissafari walkhaliifatu fiil ahl”

Yang artinya: “Ya Rabbi, berilah kami kemudahan dalam perjalanan ini, serta dekatkanlah yang terasa jauh dari kami. Ya Allah yang menemani kami dalam perjalanan ini, dan Engkau pula lah yang melindungi keluarga kami.”

Doa saat mengendarai kendaraan bermotor, mobil, dan lain – lain

Selain membaca doa diatas, Anda juga diharuskan untuk berhati – hati saat  dalam menaiki kendaraan. Berikut ini doa naik kendaraan dengan mengendarai motor, mobil, dan lain – lain, inilah doanya :

“Bismillah Alhamdulillah subhanalladzii sakhoro  lanaa hadza wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa Innaa ila robbinaa  lamunnqolibuun, Alhamdulillah, Allaahuakbar, Subhaanahallaahumma Innii dzholamtu nafsii faghfirlii fainnahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa annta.”

Yang artinya : “Dengan menyebut nama Allah, segala puji bagi-Nya Maha Suci Engkau Ya Allah yang telah menaklukan kendaraan ini untuk kami, padahal sebelumnya kami tak kuasa mengendalikannya.  Sesungguhnya kami akan kembali kepada-Mu Tuhan kami.”

Itulah doa – doa yang dapat Anda baca dari sejak hendak melakukan perjalanan hingga saat dalam perjalanan. Selain membaca doa alangkah baiknya Anda juga selalu mengingat Allah dengan berzikir menyebut nama – nama Allah sepanjang dalam perjalanan sebagai wujud keimanan dan ketakwaan kepada-Nya.

Semoga artikel doa selamat dalam perjalanan yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk Anda semua, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Anda akan langsung terhubung dengan kami via Whatsapp - Klik Nama dibawah ini.

Chat & Call via Whatsapp Klik Disini