Inilah 7 Keutamaan Sholat Tahajud

keutamaan sholat tahajudKeutamaan sholat tahajud begitu besar bagi yang ikhlas menjalankannya. Para Ulama’ pun sepakat bahwa hukum melaksanakan sholat tahajud adalah Sunnah Muakad atau sunnah yang dianjurkan. Karena dengan melaksanakan sholat tahajud secara rutin setiap malam akan mendatangkan manfaat yang sangat besar. Banyak dalil yang memberikan penjelasan mengenai keutamaan sholat tahajud.

Berikut ini adalah beberapa keutamaan sholat tahajud yang dijelaskan dalam Al-Qur’an maupun hadits dari Nabi Muhammad SAW.

Keutamaan Sholat Tahajud

  • Doa saat sholat tahajud akan dikabulkan

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan saat malam hari dan sesudah tidur. Dan paling utama, sholat tahajud dikerjakan pada sepertiga malam sampai dengan menjelang waktu sholat subuh. Ini adalah waktu dimana Allah mengabulkan doa-doa hambanya. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW:

“Perintah Allah turun ke langit di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru, adakah orang-orang yang memohon (berdoa) pasti akan Ku kabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan Ku berikan dan adakah orang yang mengharap ampunan, pasti akan Ku ampuni baginya sampai tiba waktu subuh”. (Al-Hadits)

Selain itu, ada pula hadits lain yang menjelaskan keutamaan sholat tahajud ini.

Dari jabir r.a., ia telah berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda: ‘Sesungguhnya di waktu malam itu terdapat suatu waktu yang jika saja bertepatan dengan waktu itu seorang hamba muslim memohon kebaikan kepadaAllah berkenaan dengan urusan dunia dan akhirat, sudah pasti Allah akan memberikannya kepadanya. Waktu itu terdapat pada setiap malam’”. (HR Muslim)

  • Allah mengangkat derajat ke tempat yang terpuji

Keutamaan sholat tahajud yang kedua ini terdapat dalam firman Allah SWT QS. Al – Isra’ ayat 79.

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhan mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji”.

  • Termasuk golongan orang sholeh dan akan masuk surga

Keutamaan sholat tahajud yang ketiga adalah orang-orang yang melaksanakan sholat tahajud secara rutin dan ikhlas maka termasuk dalam golongan orang sholat. Dan Allah menjanjikan surga bagi orang-orang tersebut. Sebagaimana dalam firman Allah QS. Adz Dzariyat: 15 -18, yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat kebaikan, (yakni) mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah)”.

  • Terpelihara dari gangguan setan

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Setan mengikat pada ujung kepala salah seorang di antara kalian jika tidur dengan tiga ikatan. Masing-masing ikatan mengatakan: ‘Engkau masih memiliki malam yang panjang, maka tidurlah!’ Jika ia bangun lantas menyebut nama Allah, maka terlepaslah satu ikatan. Jika ia berwudhu, maka lepaslah ikatan berikutnya. Dan jika ia mengerjakan sholat, maka terlepaslah satu ikatan lagi, sehingga keesokan harinya ia menjadi giat, demikian juga jiwanya menjadi baik. Jika tidak demikian, maka keesokan harinya ia menjadi kotor jiwanya lagi pemalas”. (HR. Muslim)

  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Keutamaan sholat tahajud yang selanjutnya yaitu sebagai media untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebagaimana dalam hadits Rasulullah SAW:

“Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa”. (HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi)

Itulah beberapa keutamaan sholat tahajud, semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

Anda akan langsung terhubung dengan kami via Whatsapp - Klik Nama dibawah ini.

Chat & Call via Whatsapp Klik Disini