Mengenal Dasar dari Ilmu Sedulur Papat Limo Pancer

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera dan semoga hanya kebaikan yang selalu menyertai kita semua, amin. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kakang kawah adi ari ari.

Kakang kawah adi ari ari merupakan istilah dari bahasa jawa. Apa itu? Berikut ini ulasannya.

Mengenal Istilah Kakang Kawah Adi Ari Ari

Dalam masyarakat Jawa kakang kawah adi ari ari dikenal dengan sebutan sedulur papat limo pancer. Apa itu sedulur papat limo pancer? Sedulur papat merupakan sebutan bagi empat teman ghaib yang menemani diri dari setelah dilahirkan sampai mati. Ada beberapa makna dari istilah kakang kawah adi ari ari. Berikut ulasannya.

Arti Sedulur Papat Limo Pancer

Istilah sedulur papat ada bersumber dari suluk yang dipercaya masyarakat sebagai karya dari Sunan Kalijaga.

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, Adapun wujud dari kakang kawah adi ari ari yaitu yang pertama mulai dari kata kakang kawah merupakan ketuban yang membantu manusia lahir ke dunia. Karena ketuban yang keluar pertama maka disebutlah sebagai kakang kawah, yang dalam bahasa Indonesia berarti saudara atau kakak yang lebih tua atau pelindung.

Lalu, ada adi ari ari yang keluar setelah janin, yang disebut sebagai adik ari ari atau pengantar. Yang ketiga ada getih. Getih dalam bahasa Indonesia merupakan darah yang melindungi bayi saat masih di dalam kandungan.

Dan yang keempat ada puser atau disebut juga pusar. Pusar sangat memiliki peran penting yaitu penghubung nutrisi dari ibu ke janin dan juga sebagai alat bernafas bayi. Keempat unsur tersebutlah yang dikenal sebagai sedulur papat.

Dan adapun yang terakhir ada pancer. Pancer ini adalah diri sendiri setelah dilahirkan. Unsur unsur di atas merupakan unsur yang keluar dari rahim ibu. Dengan izin dari tuhan, unsur unsur tersebut melindungi diri Anda ketika masih di kandungan sampai dilahirkan. Selain itu, sedulur papat juga dikenal sebagai teman gaib yang menemani diri sampai mati.

Arti Lain dari Sedulur Papat

Selain makna di atas, sedulur papat juga digambarkan sebagai simbol yang membentuk empat arah mata angin dan adapun tugas sedulur papat limo pancer tersebut adalah sebagai pelindung.

Adapun empat arah angin tersebut yaitu satu ada di utara, satu di selatan, satu di timur, satu di barat dan Anda sendiri sebagai pancer atau pusat yang berada di tengah dan mengendalikan keempat arah atau teman tersebut.

Selain itu, ada pula yang menerjemahkan keempat teman tersebut sebagai cipta, karsa, rasa dan jati diri. Keempat unsur tersebut merupakan elemen dasar dalam kehidupan manusia. Ada juga yang menerjemahkan sedulur papat sebagai empat unsur alam tanah, angin, air, api dan diri kita sendiri.

Selain itu, ada juga kepercayaan jika Anda ingin selalu dijaga maka Anda harus menyapanya dengan pengasihan kakang kawah adi ari ari.

Itulah penjelasan mengenai sedulur papat limo pancer yang bisa Anda jadikan pengetahuan untuk menjaga kelestarian kebudayaan Jawa. Sedulur papat merupakan saudara diri Anda yang berasal dari lima unsur yaitu ketuban, ari ari, pusar, darah serta pancer. Keempat unsur tersebut juga dilambangkan sebagai empat mata angin yang melindungi Anda sebagai pusat.

Semoga apa yang saya sampaikan mengenai sedulur papat limo pancer, kakang kawah adi ari ari tersebut bisa bermanfaat untuk Anda semuanya.

Terimakasih, sampai jumpa dikesempatan selanjutnya, akhir kata jika ada kebenaran yang saya katakan, itu semata dari Tuhan YME, jika ada salah kata saya pribadi mohon maaf. Saya Abah Romdhoni.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

 

Anda akan langsung terhubung dengan kami via Whatsapp - Klik Nama dibawah ini.

Chat & Call via Whatsapp Klik Disini