Bagaimana Menghadapi Suami Tidak Pernah Sholat?

“Sesungguhnya (batas) antara seseorang dengan kesyirikan dan kekafiran adalah meninggalkan sholat. (HR. Muslim dari jabir bin Abdillah r.a)

suami tidak pernah sholatSholat merupakan tiang agama bagi umat muslim, baik pria maupun wanita. Terutama bagi pria karena kelak akan menjadi kepala rumah tangga. Bagaimana bisa mempimpin sebuah keluarga, jika perintah Allah saja ditinggalkan? Padahal ibadah istri dan anak-anak termasuk dalam tanggung jawab seorang suami.

Beberapa Ulama’ berpendapat bahwa seorang muslim yang meninggalkan sholat termasuk dalam Kafir Ashghar. Dalam hal ini, istri boleh meninggalkan atau tetap bertahan dengan suami yang meninggalkan sholat. Sebagian Ulama’ lainnya berpendapat bahwa meninggalkan sholat termasuk dalam Kafir Akbar, dimana jika suami tidak pernah sholat maka harus ditinggalkan.

Salah seorang sahabat Nabi SAW bernama ‘Abdullah bin Syaqiq mengatakan, “Dulu para sahabat Muhammad SAW tidaklah pernah menganggap suatu amal yang apabila ditinggalkan menyebabkan kafir, kecuali sholat”.

Seorang muslimah yang menikah dengan pria muslim tapi tidak pernah sholat, maka pernikahannya tidaklah sah. Namun, jika setelah menikah suami tidak pernah sholat, maka istri harus meninggalkannya sampai suami bertaubat dan melaksanakan sholat. Sebagaimana dalam firman Allah QS. Al Mumtahanah ayat 10, yang artinya: “Maka jika kamu telah mengetahui bahwa mereka (benar-benar) beriman maka janganlah kamu kembalikan mereka kepada (suami-suami mereka) orang-orang kafir. Mereka tiada halal bagi orang-orang kafir itu dan orang-orang kafir itu tiada halal pula bagi mereka”.

Lalu, bagaimana menghadapi suami tidak pernah sholat?

Pernikahan adalah satu hubungan yang serius dan harus dipikirkan matang-matang jika ingin memulai atau mengakhirinya. Namun, perkara perintah Allah jauh lebih penting. Bagi Anda yang saat ini sudah menikah dan memiliki suami tidak pernah sholat tentu merasa dilema. Berikut ini adalah bagaimana cara menghadapi suami tidak pernah sholat:

  • Menasehatinya

Jika suami tidak pernah sholat, hal pertama yang Anda lakukan adalah menasehatinya, baik secara langsung maupun tidak. Suami Anda hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari lupa atau khilaf. Sebagai istri, Anda bisa mencoba mengingatkan suami Anda. Ingatkan dengan cara yang baik dan sopan agar tidak terkesan menggurui. Karena suami adalah seorang kepada rumah tangga, mungkin akan merasa gengsi saat dinasehati oleh istri. Cobalah untuk ‘merayu’ suami Anda dengan kata-kata yang manis, “Mas, kalau lihat suami istri sholat berjamaah rasanya itu romantis banget ya?”

  • Meminta bantuan kepada guru agama

Umar bin Khattab r.a. mengatakan, “Sesungguhnya di antara perkara terpenting bagi kalian adalah sholat. Barangsiapa menjaga sholat, berarti dia telah menjaga agama. Barangsiapa yang menyi-nyiakan, maka untuk amalan lainnya akan lebih disia-diakan lagi. Tidak ada bagian dalam islam, bagi orang yang meninggalkan sholat”.

Begitu pentingnya sholat dalam agama, sehingga perkara suami tidak pernah sholat bukanlah hal yang bisa Anda abaikan. Jika menasehatinya sendiri masih belum mempan, cobalah untuk mempertemukannya dengan seorang guru spritual atau ustadz yang mana dianggap lebih paham tentang agama. Agar dapat membuka hati dan pikiran suami Anda bahwa sholat itu hukumnya wajib bagi orang islam dan meninggalkannya akan menjadi kafir.

  • Mendo’akan suami agar bertaubat

Manusia hanya bisa berusaha dan berdo’a, yang berhak menentukan adalah Allah. Dia lah Sang Maha membolak-balikkan hati manusia. Allah yang menentukan kepada siapa hidayah atau petunjukNya diberikan. Untuk itu, jika saat ini suami Anda sedang jauh dariNya, mintalah pertolongan Allah agar membuka pintu hati suami Anda. Percayalah bahwa suami Anda suatu saat akan bisa berubah menjadi lebih baik dan taat kepada Allah.

 

Anda akan langsung terhubung dengan kami via Whatsapp - Klik Nama dibawah ini.

Chat & Call via Whatsapp Klik Disini